FST

Fakultas-Sains-dan-Teknologi-Universitas-PGRI-Adi-Buana-Surabaya---Logo

Fakultas Sains dan teknologi

Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Sejalan dengan perkembangan jaman dan era globalisasi, perguruan tinggi dituntut mampu berkembang secara mandiri dan berupaya meningkatkan perannya dalam pembangunan serta perkembangan IPTEKS yang mencakup peningkatan penyelenggaraan  pendidikan dan pengajaran untuk meningkatkan kualitas lulusan, kualitas penyelenggaraan penelitian, kualitas penyelenggaraan pengabdian masyarakat. Sehubungan dengan hal tersebut PPLP-PT PGRI Surabaya pada tahun 1998 menggabungkan (merger) IKIP PGRI Surabaya dengan STT Adibuana Surabaya menjadi Universitas PGRI Adibuana Surabaya dengan Surat Keputusan Mendikbud RI Nomor : 47 /D/O/1998 tertanggal 23 Juni 1998.

Berdasarkan SK tersebut maka Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam ( FMIPA ) merupakan salah satu Fakultas dibawah naungan Universitas PGRI Adibuana Surabaya ( UNIPA Surabaya ) yang memiliki 2 ( dua )

Program Studi yaitu :

  1. Program Studi Biologi
  2. Program Studi Statistika.

Kedua program studi tersebut telah mendapatkan Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan Program Studi dari Direktur Jendral Pendidikan Tinggi  masing-masing dengan Nomor : 8910/D/T/K-VII/2011  untuk Program Studi Biologi ;  Nomor : 8911 /D/T/K-VII/2011 untuk Program Studi Statistika. Pada perkembangan berikutnya program studi di lingkungan FMIPA berusaha keras untuk memperoleh penilaian peringkat program studi dari Badan Akreditasi Nasional (BAN), sehingga akhirnya Program Studi Biologi telah terakreditasi B dengan  SK BAN-PT No. 1133/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2015, dan Program Studi Statistika juga telah terakreditasi B dengan SK BAN-PT No. 0804/SK/BAN-PT/Akred/S/III/2017.

Pada tahun 2020 dilakukan restrukturisasi fakultas yang ada di lingkungan universitas PGRI Adi Buana dengan SK PPLP No. 164/SK/P/IV/2020, dimana hasilnya FMIPA berubah nama menjadi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) dengan 3 Program Studi , yaitu Program Studi Biologi, Program Studi Statistika dan Program Studi Pendidikan Matematika. Adanya penambahan Program Studi tersebut, maka jumlah dosen FST meningkat menjadi 36 orang dengan rincian sebagai berikut: 20% berpendidikan S3 dan 80% berpendidikan S2. Dosen dengan jabatan fungsional profesor 5,6%, lektor kepala 5,6%, lektor 19,4%, asisten ahli 63,9% dan tenaga pengajar 5,6%.