Biologi

Program Studi Biologi didirikan pada tahun 1998  dengan ijin perpanjangan SK DIRJENDIKTI No: 34/DIKTI/Kep/2002 dibawah Fakulta Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Saat ini Program Studi Biologi di bawah naungan Fakultas Sains dan Teknologi dan menyandang akreditasi B dari BAN-PT. Fasilitas yang tersedia di Progam Studi Biologi  untuk menunjang pembelajaran dan skill mahasiswa antara lain ruang kuliah yang representatif (dilengkapi dengan LCD, AC, wifi), ruang baca, green house, kolam dan kebun percobaan, beberapa laboratorium (biologi dasar,  mikrobiologi, kultur jaringan tumbuhan, fisiologi hewan). Selain digunakan sebagai pembelajaran, fasilitas tersebut juga digunakan untuk penelitian para Dosen.

Selain kegiatan belajar mengajar , Program Studi Biologi juga melaksanakan kegiatan mimbar akademik (kuliah tamu/praktisi), seminar nasional, workshop/training, studi banding ke industri, magang, pertukaran pelajar, pengabdian masyarakat dan penelitian dosen. Pelaksanaan kegiatan tersebut melibatkan mahasiswa, sehingga sofkill dan hardskill mahasiswa semakin terasah.

Struktur kurikulum Program Studi Biologi telah disusun untuk dapat diselesaikan selama 4 tahun yang terdiri dari aneka jenis mata kuliah (teori dan praktikum) sesuai rekomendasi Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI), kebutuhan pasar dan KKNI. Kurikulum  tersebut juga sesuai dengan program Pemerintah yaitu Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), sehingga mahasiswa berkesempatan seluas-luasnya untuk beraktivitas di luar kampus. Program MBKM yang telah diikuti antara lain pertukaran pelajar, Indonesia mengajar dan Magang.

Pada bidang kerjasama, Program Studi Biologi telah menjalin kerjasama dengan beberapa lembaga negeri dan swasta untuk kepentingan pelaksanaan magang (PKL) dan program MBKM, antara lain dengan Unibraw, UM Surabaya, Balai Penelitian Tanaman Pangan,  Kebun Binatang Surabaya, Sucofindo, Dinas pertanian Provinsi dan Kabupaten, Prodia, dll.

PROSPEK LULUSAN, Sarjana biologi dengan gelar Sarjana Sains (S.Si) memiliki lapangan kerja yang luas. Sarjana biologi dapat berperan sebagai tenaga pendidik (dosen, guru dan trainer), peniliti, analis atau quality control pada laboratorium perusahaan dan menjadi konsultan. Oleh karena itu, untuk lebih detailnya, mari kunjungi website Program Studi Biologi http://biologi.unipasby.ac.id